Senin, 03 September 2012

Mi Kocok Kota Kembang


Wah, siang yang terik ini paling asyik ditebus dengan makanan yang segar hangat. Seperti racikan mie khas kota kembang ini. Mienya lembut diselingi renyah tauge segar. Yang paling menggelitik kikilnya yang lembut lentur, nyaris tak perlu dikunyah. Diiringi kuahnya yang gurih beraroma daging yang kuat. Sedapnya!

Tak perlu jauh-jauh datang ke Bandung untuk menikmati semangkuk mie kocok. Di Jalan Cipete Raya ini ada warung mi kocok khas Bandung yang cukup terkenal. Tempatnya sederhana, namun hampir selalu disesaki pengunjung.

Selain mi kocok Bandung ada juga pilihan menu khas Bandung lainnya, seperti siomay Bandung, baso, mi yamin, dan soto. Di salah satu sudut rumah makan ada lemari pajang yang menyediakan aneka lauk-paukkhas Sunda. Mulai dari aneka jenis ikan bakar dan goreng, pepes, sayuran tumis dan beragam lauk lainnya. Hmm..salah-salah bisa bingung memilihnya.

Karena ingin mencicipi mie kocok maka semangkuk mi kocok spesial dan siomay Bandung kompletpun jadi menu makan siang. Mie kocok Bandung sebenarnya mie rebus biasa. Hanya saja ciri khasnya memakai urat sapi atau kikil sebagai isian utamanya. Kikil ini direbus hingga lembut. Saat diracik, mie dan tauge baisanya dicelupkan dalam air mendidih dan dikocok-kocok. Makanya disebut mie kocok.

Karena memilih mi kocok special (Rp. 20.000) porsinya sangat royal dan isinya beragam. Selain mi kuning yang lebar dan lembut, dilengkapi juga dengan 3 buah bakso berukuran sedang, kikil dan tauge. Kaldunya sedikit keruh agak kecokelatan. Aroma gurih harum kaldunya mengepul dari kuahnya. Gurih sedap!

Benar saja saat diseruput kuahnya begitu gurih dengan jejak rasa daging sapi yang kuat. Mi kuning yang agak lebar ini empuk. Yang paling jagoan, kikilnya yang sangat lembut. Warnanya putih susu dengan tektur lembut enak. Tak ada jejak aroma 'karet' yang biasanya ada pada kikil. Kaldunya juga tak menyimpan aroma kikil yang kuat. Kikilpun disajikan komplet dengan potongan tulangnya. Ah, makin asyik saja digerogoti sambil menghirup kuahnya.

Baksonya lumyan gurih dengan tekstur garing, taugenya juga terasa renyah, tidak terlalu lama dicelupkan air panas. Setelah diberi sedikit sambal raowt dan kucuran air jeruk limau, rasanya makin mantap. Suapan mie kocok inipun makin lengkap dengan renyahnya kerupuk kanji yang jadi pasangan wajib mie kocok ini.Di meja ada stoples khusus berisi mie kanji yang bundar, putih dan renyah ini.

Siomay Bandung (Rp. 17.500) disajikan komplet. Potongan siomay dan bumbunya ditaruh pada sisi berbeda. Jadi kalau bisa dicocol sesuai selera. Terdiri dari siomay ikan, kentang rebus, tahu, kol, dan sebutir telur rebus.

Tekstur siomaynya lembut dengan aroma ikan yang kuat. Sambal kacangnya juga gurih dengan aksen manis yang lamat-lamat. Ditambah sedikit saus cabai dan air jeruk limau jadi makin komplet rasanya. Tak berlebihan jika siomay yang disajikan apik ini rasanya juga mantap. Jadi, kalau kangen jajanan Bandung kini saya sudah tahu harus mampir ke mana!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar