Senin, 03 September 2012

Rendang, Makanan Indonesia Yang Mendunia

Mendengar kata rendang pasti membayangkan kenikmatannya. Siapa sangka olahan daging dengan bumbu khas ini sangat digemari hingga ke mancanegara dan menjadi salah satu ikon makanan khas Indonesia.

"Rendang is the most favorite food in the world," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu, dalam Acara Pelantikan Badan Pengurus Pusat Indonesian Chef Association, Selasa (28/8/2012) lalu, di Hotel Sultan, Jakarta.

Menurut Mari, yang pernah menghadiri pelatihan memasak rendang, rendang bukan merupakan nama makanan tapi merupakan nama proses, yaitu proses memasak. Memasak dengan mengaduk terus-menerus.

Menurut Mari, setiap daerah di Indonesia memiliki cita rasa rendang yang berbeda. "Tergantung bagaimana cara memasaknya, dengan bumbu-bumbu khas daerah tersebut dan penyajian pada kegiatan-kegiatan adat tertentu," tambahnya.

Selain rendang, makanan khas Indonesia lain juga banyak diminati oleh turis mancanegara seperti nasi goreng, gado-gado, dan sate. "Nasi goreng merupakan salah satu yang melekat jika mendengar nama Indonesia," kata Mari.

Kuliner menjadi salah satu alat promosi untuk memperkenalkan Indonesia di dunia, dengan berbagai sajian khas ala Indonesia dan menciptakan menu kreatif hasil perpaduan bahan-bahan khas nusantara. "Bercerita mengenai kuliner, bercerita mengenai Indonesia. Itu yang membuat wisatawan tertarik," kata Mari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar